PENGERTIAN ANTRIAN DAN MODEL STRUKTUR ANTRIAN
Teori Antrian
Antri, merupakan suatu kegiatan menunggu untuk memperoleh atau melakukan
sesuatu. Kegiatan paling tidak menyenangkan bagi hampir semua orang di dunia.
Antrian berarti menunggu giliran untuk mendapatkan pelayanan dari suatu
fasilitas yang terjadi karena kemampuan pelayanan yang tidak mampu mengimbangi
kebutuhan pelayanan. Kegiatan paling tidak menyenangkan bagi hampir semua orang
di dunia. Konsep antri bukan hanya terjadi pada orang, namun juga pada barang
(misalnya dalam hal proses produksi).
Ada 4 model
struktur antrian dasar yang umum terjadi, yakni :
1. Single Channel – Single Phase. Single Channel berarti satu
saluran atau satu jalur, dan Single Phase berarti satu pelayanan. Maksudnya
adalah hanya ada satu jalur yang memasuki sistem pelayanan atau hanya ada satu
fasilitas pelayanan yang diberikan.
Contoh : Membeli Bensin Eceran.
2. Multichannel – Single Phase, yang berarti ada lebih dari satu jalur untuk memasuki sistem, namun hanya ada satu stasiun pelayanan. Contoh model ini terdapat pada sistem pembayaran di supermarket, pembelian tiket yang dilayani oleh lebih dari satu loket, dan pelayanan pintu masuk tol.
Contoh: Membeli Tiket Nonton
Sepakbola.
3. Multi Channel – Single Phase. Sistem ini terjadi dimana
saja dan kapan saja dimana ada dua atau lebih fasilitas pelayanan yang dialiri
oleh aliran tunggal.
Contoh: Membeli bensin di Pom Bensin.
Contoh: Membeli bensin di Pom Bensin.
4. Multi
Channel – Multi Phase. Sistem ini berarti ada beberapa fasilitas pelayanan
dalam banyak jalur atau melalui beberapa tahapan. Setiap sistem-sistem ini
memiliki beberapa fasilitas pelayanan pada setiap tahapannya.
Contoh: Pembelian Tiket Kereta Commuter line
Contoh: Pembelian Tiket Kereta Commuter line






Komentar
Posting Komentar