PENGERTIAN ANTRIAN DAN MODEL STRUKTUR ANTRIAN


Teori Antrian

Antri, merupakan suatu kegiatan menunggu untuk memperoleh atau melakukan sesuatu. Kegiatan paling tidak menyenangkan bagi hampir semua orang di dunia. Antrian berarti menunggu giliran untuk mendapatkan pelayanan dari suatu fasilitas yang terjadi karena kemampuan pelayanan yang tidak mampu mengimbangi kebutuhan pelayanan. Kegiatan paling tidak menyenangkan bagi hampir semua orang di dunia. Konsep antri bukan hanya terjadi pada orang, namun juga pada barang (misalnya dalam hal proses produksi).

Ada 4 model struktur antrian dasar yang umum terjadi, yakni :

1. Single Channel – Single Phase. Single Channel berarti satu saluran atau satu jalur, dan Single Phase berarti satu pelayanan. Maksudnya adalah hanya ada satu jalur yang memasuki sistem pelayanan atau hanya ada satu fasilitas pelayanan yang diberikan.
Contoh : Membeli Bensin Eceran.





2. Multichannel – Single Phase, yang berarti ada lebih dari satu jalur untuk memasuki sistem, namun hanya ada satu stasiun pelayanan. Contoh model ini terdapat pada sistem pembayaran di supermarket, pembelian tiket yang dilayani oleh lebih dari satu loket, dan pelayanan pintu masuk tol.
Contoh: Membeli Tiket Nonton Sepakbola.


3. Multi Channel – Single Phase. Sistem ini terjadi dimana saja dan kapan saja dimana ada dua atau lebih fasilitas pelayanan yang dialiri oleh aliran tunggal.
Contoh: Membeli bensin di Pom Bensin.



4. Multi Channel – Multi Phase. Sistem ini berarti ada beberapa fasilitas pelayanan dalam banyak jalur atau melalui beberapa tahapan. Setiap sistem-sistem ini memiliki beberapa fasilitas pelayanan pada setiap tahapannya.
Contoh: Pembelian Tiket Kereta Commuter line


Komentar

Postingan Populer